Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) media Dry Chemical Powder mempunyai karakteristik khusus yang berbeda dengan APAR media lain semisal karbondioksida, foam serta gas liquid. APAR media Powder mempunyai bentuk seperti bubuk bedak kering dengan butiran sangat lembut yang efektif dalam memadamkan api. Media Powder ini banyak dipakai sebab hatganya lebih murah, serta multifungsi yang bisa dipakai untuk memadamkan berbagai kelas kebakaran. Maka dari itu sangat diperlukan perlakuan khusus dalam menyimpan serta memakainya guna menghindari bermacam masalah terhadap APAR jenis Powder ini semisal terjadinya penggumpalan serta tekanan turun.

Dalam artikel ini akan membahas beberapa tips yang dapat diterapkan guna menghindari masalah alat pemadaman api yang menggumpal.

Tips Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal

Jangan berlebihan ketika mentransfer formula medianya, serbuk kimia kering terdiri dari campuran partikel yang umumnya berukuran antara 15 hingga 16 mikron. Mentransfer yang berlebihan akan menyebabkan hilangnya sejumlah partikel halus.

Minimalkan potensi media menjadi lembab, sebab kelembaban dapat berpengaruh terhadap serbuk kimia kering. Penggumpalan bisa mudah terjadi, alhasil alat pemadam tidak bisa dipakai. Janganlah melakukan Service alat ini ketika keadaan hujan, hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh komponen agent tetap kering.

Pastikanlah menyimpan bubuk kimia kering berada di area yang tepat serta suhu yang stabil. Penempatan yang benar yaitu di kontainer kedap udara dan dengan suhu ruangan yang tidak terlalu panas atau terlalu lembab hal ini bertujuan untuk tetap menjaga Powder tetap kering serta akan bekerja optimal ketika dipergunakan.

Alat pemadam api yang menggumpal bisa terjadi pada kemasan Powder, pada kemasan Powder terdapat gumpalan yang dapat dilihat secara visual. Hal seperti ini dapat terjadi sebab media tidak ditempatkan pada tempatnya. Periksalah keadaan gumpalan tersebut dengan mengujinya secara singkat dengan cara menjatuhkan gumpalan tersebut ke permukaan keras. Apabila gumpalan tersebut hancur maka masih dapat dipakai, akan tetapi apabila gumpalan tersebut tidak hancur menandakan bahwa Powder tersebut tidak bisa dipergunakan lagi.

Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal Setelah service

Melalui beberapa tips dalam menghindari masalah terhadap alat pemadam api yang menggumpal, maka kesimpulan kami ialah alat pemadam mesti mendapatkan perhatian lebih entah itu sebelum dilakukannya pengisian media ke tabung ataupun setelah media dimasukkan ke dalam tabung. Pada intinya apabila mempunyai alat pemadam api ringan media Dry Chemical Powder maka mesti digantung di tembok dengan ketinggian minimal 1 meter dari atas pemukaan lantai guna mengurangi kelembaban.

Leave Reply