muaraarthapersada.info@gmail.com 082226196009 / 087799444096

Kru KRI Nanggala-402 Keluarkan Baju Keselamatan

Baju keselamatan merupakan salah satu barang yang bisa diangkat ke permukaan dari KRI Nanggala-402. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, escape suit MK 11 atau baju keselamatan biasanya disimpan di dalam kotak dan dikeluarkan dalam keadaan darurat.

"Escape suit MK 11 yang biasanya ini disimpan di kotak, tetapi ini bisa lepas berarti ada kedaruratan sehingga diambil dari kotak akan dipakai," kata dia saat konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Ia menduga, benda ini dikeluarkan, tapi belum sempat dipakai karena adanya kondisi darurat. "Nah, karena ini lepas, berarti sempat di situ terjadi kedaruratan. Mungkin enggak sempat pakai atau saat dipakai (kapal) goyang sehingga lepas," kata dia. Diberitakan sebelumnya, KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di perairan utara Bali setelah hilang sejak Rabu (21/4/2021). Awak kru berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.

Kapal selam buatan Jerman tersebut tenggelam bukan karena ledakan, tapi karena adanya retakan. MV Swift Rescue Singapura telah menurunkan ROV dan melakukan citra bawah air secara visual menggunakan kamera. Telah diperoleh citra yang dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 Bagian kapal yakni meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK 11.
 

Source : denpasar.kompas

#indonesiaberduka #kri #nanggala #kapalselam #safety #k3 #ahlik3 #safetyfirst