muaraarthapersada.info@gmail.com 082226196009 / 087799444096

Mengenal Manfaat Food Safety Management System

Sebelum mengenal manfaat food safety management system sebaiknya kenali dulu ISO 22000. Berikut penjelasan tentang ISO 22000 :

ISO 22000

ISO 22000 ialah standar sistem manajemen keamanan pangan. Sistem ini telah dipercaya oleh berbagai organisasi serta diberikan standarisasi sertifikasi pihak yang berwenang ISO.

Dari Sistem manajemen keamanan pangan menjabarkan persyaratan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan manajemen pangan pada organisasi. Sistem ini menolong organisasi dalam mengelola proses serta melakukan pencegahan terhadap bahaya keamanan pangan.

Lalu Sistem ini merealisasikan prinsip sistem HACCP dan mengerjakan langkah-langkah yang dikembangkan oleh komisi buku pangan. Sistem manajemen keamanan pangan melakukan pengelolaan akan bahaya yang mungkin terjadi pada keamanan pangan. Serta mengidentifikasi bahaya yang diakibatkan dari proses produksi, material yang digunakan, dan hasil akhir produksi.

Sistem ini memberikan urutan kerja yang efektif dan efisien bagi organisasi dalam mengenbangkan segal perbaikan pangan. Sistem ini juga terdapat di peraturan [perundang-undangan. Tepatnya pada UU No. 7 tahun 1996 tentang pangan. Dan Peraturan pemerintah No. 28 tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan.

Manfaat Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan sistem manajemen keamanan pangan :

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan : Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan perusahaan yang paling diperhatikan. Karena jika pelanggan telah percaya kepada perusahaan pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan setia
  • Meningkatkan Citra Perusahaan : Perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen mutu dengan standar Internasional akan memberikan nama baik bagi perusahaan.
  • Menghemat Biaya : Dengan memiliki standar ISO perusahaan akan menerapkan sistem manajemen khusus yang dapat membantu kinerja perusahaan. Jika perusahaan terindikasi bahwa kinerja perusahaan menurun maka upaya antisipasi nya dapat segera dilakukan menggunakan Standar ISO.
  • Mengoptimalkan Kinerja Karyawan : Dengan mengacu pada sebuah prinsip manajemen mutu, semua standar sudah ditetapkan agar dapat dilaksanakan oleh semua karyawan. Hal tersebut dapat memotivasi para karyawan agar menjaga kualitas, efisiensi, dan produktivitas mereka dengan sesuai standar ISO yang sudah ditetapkan.
  • Meningkatkan Image dari Perusahaan : Keuntungan yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh perusahaan dari sertifikasi ISO ini adalah meningkatnya image ataupun brand perusahaan mereka yang menjadi jauh lebih baik di mata dunia.

Informasi Berita : https://www.ahlik3umum.co.id/list-informasi/2

Muara Artha Persada 
Safety For Zero Accident